Saturday, May 12, 2012

Smartphone Android Pertama



Smartphone Android Pertama - Android 9. Sebelum Apple membuat iPhone dengan mengadopsi layar sentuh yang kini menjadi suatu hal yang wajib untuk perangkat smartphone, di pihak lain Google juga tengah merancang sebuah ponsel dan sistem operasinya sendiri di tahun yang sama.
Menariknya, ternyata versi awal pengembangan sistem operasi Android itu sangat jauh berbeda dengan yang kita kenal saat ini.
Seorang pengembang bernama Steven Troughton-Smith melalui blog pribadinya mengatakan bahwa ia telah memperoleh perangkat referensi Android pertama yang disebut dengan Google Sooner, yakni perangkat berbasis OMAP850 yang dikembangkan oleh HTC. Perangkat itu menjalankan platform Android yagn tengah dikembangkan mulai 15 Mei 2007 silam.
Dalam blognya, Troughton-Smith menjelaskan secara rinci versi awal dari sistem operasi Android, plus menyertai beberapa komentar dan screenshot dengan resolusi tinggi tentunya. Selain minus fitur sentuhan, perangkat itu juga terlihat beberapa perbedaan, seperti tidak terlihatnya home screen Android seperti yang kita kenal. Sebaliknya, dalam gambar itu justru hanya terlihat sebuah jam analog yang besar dan bar Google search.
Dalam komentarnya, Troughton-Smith mengatakan, "Cukup jelas bahwa Android sedang dirancang untuk target yang sama sekali berbeda sebelum iPhone dirilis. Apa yang kita lihat di sini akan dipasangkan secara sempurna dengan dunia Symbian dan BlackBerry."
Beberapa pernyataan yang diungkap Troughton-Smith ternyata telah direspon oleh Diane Hackthorn, seorang pekerja di Android engineering group, yang diposting pada OSNews, yang mengarah pada apa yang diungkap Troughton-Smith "sedikit menyesatkan".
Hackthom mengatakan bahwa ia bergabung ke dalam team Android pada 2006, dan menjelaskan bahwa Dream (yang dikenal sebagai T-Mobile G1) dan Sooner pada dasarnya adalah sama. Keduanya menurut Hackthorn hanya terlihat berbeda pada tampilan user interface di Sooner yang dioptimalkan untuk input non-sentuh, tetapi kode yang mendasari adalah versi yang sama dari Android.
Ia juga mengatakan, "Saya tidak ingat tanggal yang tepat, tapi saya yakin keputusan untuk men-drop Sooner dilakukan sebelum peluncuran iPhone.

Sumber : http://www.tabloidpulsa.co.id/news/3785-ini-dia-salah-satu-ponsel-pertama-android

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...